PAKET TOUR SEHARI RAMMANG-RAMMANG


ITINERARY


Jelajahi kawasan pegunungan karst ketiga terbesar di dunia dengan perahu tradisional dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri sawah dan empang di kampung Berua. Kampung ini dikelilingi oleh bukit karst dan hanya dihuni sekitar 75 orang saja. Pegunungan karst ini juga mempunyai banyak goa dan beberapa mempunyai lukisan dan telapak tangan dari manusia purba.


Peserta tour akan dijemput oleh team dari South Sulawesi Tours di bandara internasional Sultan Hasanuddin atau di salah satu hotel di Makassar menggunakan Avanza, Innova, Hiace, atau Bus Pariwisata sesuai dengan jumlah peserta. Selanjutnya peserta tour akan dibawa menuju dermaga 1 Rammang-rammang untuk menikmati kawasan pegunungan karst terbesar ketiga di dunia dengan menggunakan perahu tradisional dengan jarak tempuh sekitar 20-30 menit. Tapi sebelum ke Kampung Berua, kita akan singgah di Taman Batu.


Di Taman Batu Kampung Laku kalian bisa melihat bebatuan dengan berbagai bentuk dan ukuran yang terbentuk secara alami dimulai 12 juta tahun lalu. Bebatuan ini juga membentuk labirin yang bisa kalian jelajahi.


Setelah itu kita melanjutkan perjalanan ke Kampung Berua. Kampung Berua dikelilingi oleh perbukitan karst sehingga cara termudah menjangkaunya ialah dengan menggunakan perahu. Kampung Berua juga memiliki sawah dan empang yang menambah keindahan tempat ini. Setelah itu kita akan makan siang dan melanjutkan trip kita kengeng Taman Arkeologi Leang-leang.


Taman Arkeologi Leang-leang memiliki dua buah gua dengan telapak tangan manusia purba dan lukisan babi rusa. Gua ini ditemukan pada tahun 1950 oleh H.R van Heekeren Palm. Beberapa telapak tangan hanya memiliki 4 jari karena manusia purba dulu memotong jarinya sebagai tanda berduka.


Di Leang-leang juga terdapat taman batu seperti di Rammang-rammang. Taman batu ini terbentuk akibat pengangkatan dataran dengan laju 3 cm per 1000 tahun.


Di sini juga terdapat pusat informasi yang menampilkan lukisan dan telapak tangan manusia purba yang tersebar di berbagai gua di Maros, Pangkep, Bone, hingga di Muna. Ada juga replika dari fosil manusia purba yang ditemukan di Leang Jarie.


Terakhir kita makan mengunjungi air terjun Bantimurung. Air terjun ini memiliki ketingian sekitar 15 meter dengan air yang jernih dan segar. Sangat cocok untuk relaksasi sehabis trip seharian. Di Bantimurung juga terdapat banyak jenis kupu-kupu hingga dijuluki sebagai the kingdom of butterflies. Setelah puas bermain air kita kembali ke hotel di Makassar. Jika peserta tour akan melanjutkan perjalanan ke daerah asal, peserta tour akan diantar langsung ke bandara internasional Sultan Hasanuddin. Pastikan penerbangannya paling cepat pukul 18:00 ya.
Tour berakhir.

  • Transportasi selama tour sesuai jumlah peserta.
  • Perahu ke kampung Berua.
  • Tiket masuk objek wisata sesuai itinerary.
  • Air mineral botol kemasan 600 ml.

 

  • Tiket pesawat 
  • Makan siang dan makan malam.
  • Pengeluaran pribadi.
  • Bawa baju renang, kacamata, sunscreen, losion anti nyamuk.
  • Itinerary hanya contoh dan bisa dikostumisasi sesuai kebutuhan kamu.
  • Itinerary sewaktu-waktu bisa berubah sesuai dengan situasi saat tour.
  • Itinerary tour dengan bus pariwisata bisa berbeda dengan mobil/ minivan.